PERSIAPAN UKK TKJ 2018/2019

UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) 2018/2019

SMK Muhammadiyah Sintang adalah suatu Lembaga Pendidikan Kejuruan yang memiliki tugas untuk dapat menghasilkan siswa-siswi Muhammadiyah yang terampil dalam bidang penguasaan teknologi dan manajemen dalam usaha dunia usaha kerja. Didalam mencapai tujuan yang mulia tersebut, maka setiap siswa/i harus menguasai berbagai kemampuan dan keterampilan dasar serta harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas dalam ilmu teknologi dan manajemen.

Pada hari senin tanggal 18 Februari yang akan mendatang, SMK Muhammadiyah sintang akan melaksanakan UKK (Ujian Kompetensi Keahlian). Maksud dari pelaksanaan UKK ini adalah untuk menguji siswa/i dalam bidang kejuruan yang sudah ia pelajari selama kurang lebih 3 tahun belajar di sekolah.

Uji Kompetensi Keahlian atau yang disingkat UKK adalah bagian dari intervensi (Campur Tangan) Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Perangkat UKK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian. Secara umum perangkat uji Kompetesi Keahlian terdiri atas :
  1. Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasan bagi peserta uji untuk membuat atau proses dalam mengerjakan suatu produk atau jasa
  2. Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah instrumen yang digunakan untuk pemberian skor stiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria/rubrik penilaian.
  3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan Ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung, standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal.
Adapun dokumen yang dapat diakses secara publik berikut ini adalah :

UKK TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2018/2019


Mengenai pembahasan ini, UKK TKJ/Teknik Komputer Jaringan adalah sebuah ujian praktek kejuruan TKJ yang dimana teman-teman akan mengerjakan suatu paket ujian praktek yang diberikan oleh pembimbing/penguji dalam batasan waktu yang telah ditentukan.

Nah.. Bagaimanakah ujiannya nanti ..? Pertanyaan ini juga sebenarnya selalu berada didalam berada didalam benak diri saya.. Ya, tentu saja.. karena saya adalah bagian teman-teman pelajar. Namun untuk itu saya sudah diberi gambaran oleh Guru pembimbing tentang bagaimanakah keberlangsungan Ujian tersebut nanti.. Bagaimanakah itu ? Ayo kita simak berikut ini !

PELAKSANAAN UKK TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2018/2019

Bismillahirrahmanirrahim, dengan mengawal penulisan ini mari kita selalu menyebut, memuji, dan bersyukur atas segala kenikmatan yang telah diberikan-Nya, baik itu nikmat iman, nikmat Islam, dan segala kenikmatan yang diberikannya kepada kita semua termasuk ujian ini.

Pelaksanaan paket yang saya sampaikan adalah paket 3, mengenai Routerboard Mikrotik, dengan Tema "INSTALASI DAN KONFIGURASI PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER DENGAN KABEL DAN NIRKABEL".

Dengan begitu, mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang bagaimana tahap/step by step pengerjaan ujian kompetensi keahlian TKJ.

PETUNJUK UMUM

  1. Memeriksa dengan teliti dokumen soal ujian praktek
  2. Memeriksa peralatan dan bahan yang dibutuhkan
  3. Menggunakan peralatan sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure)
  4. Bekerja dengan memperhatikan petunjuk yang diberikan oleh pembimbing/penguji.
Lihat Juga :  Persiapan Magang SMK 

TAHAP PENGERJAAN


    1. Menerapkan prosedur K3 (Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja)
    2. Melakukan pemasangan kabel UTP
    3. Melakukan pemasangan non managable switch
    4. Melakukan pemasangan dan konfigurasi jaringan lokal (LAN)
    5. Melakukan pemasangan dan konfigurasi jaringan internet (WAN)
    6. Melakukan pemasangan dan konfigurasi jaringan nirkabel (WLAN)
    7. Melakukan instalasi dan konfigurasi Router
    8. Melakukan instalasi dan konfigurasi DHCP Server
    9. Melakukan instalasi dan konfigurasi NAT Firewall
    10. Melakukan pengujian dari Client/Admin yang terhubung dengan Kabel (IP Address, Koneksi Internet, dan Blok Situs https://www.youtube.com
    11. Melakukan pengujian dari Client yang terhubung dengan Nirkabel (DHCP IP Address, IP Pool, Hotspot, Bypass Akses ke alamat https://bsnp-indonesia.org, Template Hotspot Login, User Guru/Siswa, Bandwith, Dan Koneksi Internet setelah login)
SOAL UKK LENGKAP BISA DOWNLOAD DI BAWAH INI :

"Selamat dan Sukses"


INFORMASI :
Bahwa pada Tahun Pelajaran 2018/2019 atau saat ini UN Teori Kejuruan tidak menjadi bagian dari UKK alias sudah berbeda antara Praktik dan Teori. Info lengkap bisa teman-teman kunjungi di akhir artikel ini bagian sumber informasi

Demikianlah penulisan mengenai Gambaran kita terhadap UKK TKJ SMK Muhammadiyah Sintang 2018/2019, semoga dengan membaca artikel ini dapat memberi manfaat kepada teman-teman yang membaca. ingatlah selalu teman-teman, bagi kalian yang belum mempersiapkan diri.. teruslah mendorong kemauan kalian untuk Bisa ! Ayo Kita Buktikan bahwa SMK Bisa ! TKJ Bisa !


Penulis,


M. Habir Kartayasa
NIS. 1974


Sumber Informasi :

0 Response to "PERSIAPAN UKK TKJ 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel